Klopp Ingin Jadi Penerus LVG

Dortmund's head coach Juergen Klopp attends a press conference on April 15, 2015 in Dortmund, western Germany, to announce that he will step down as coach of German first division Bundesliga football club Borussia Dortmund (BVB). Klopp will quit as head coach at the end of the season after seven years in charge and two German league titles.      AFP PHOTO / SASCHA SCHUERMANN

Setelah mengalami musim yang kurang baik, Jurgen Klopp akhirnya memutuskan untuk mengakhiri kebersamaan dengan Borussia Dortmund. Keputusannya itu lalu memancing spekulasi ke mana sosok 47 tahun tersebut akan berlabuh.

Salah satu rekan Klopp yang juga mantan pelatih Wolfsburg, Eckhard Krautzun, mengatakan bahwa Klopp sebenarnya tertarik untuk menjadi penerus Louis van Gaal di Manchester United meski tidak tahu kapan. United adalah tim dengan catatan sejarah yang panjang, merupakan salah satu tim terbaik di Premier League dan Eropa, sulit untuk mengatakan tidak pada United.

Nama terakhir yang disebut saat ini sedang berusaha membuat United kembali masuk ke daftar tim terbaik Eropa. Kesuksesan Louis van Gaal membawa Manchester United finis di posisi empat besar Premier League, membuatnya dipuja-puji banyak pihak. Publik menilai bahwa LvG –sapaan akrab Van Gaal– sebagai pelatih yang tepat untuk menukangi Wayne Rooney dan kawan-kawan.

Sejatinya wajar jika meneer asal Belanda itu mendapatkan sanjungan dari banyak pihak. Sebagaimana diketahui, ia datang ke Old Trafford di saat kondisi Red Devils sedang tak karuan. Mereka gagal lolos ke kompetisi Eropa setelah hanya finis di posisi tujuh Premier League 2013-2014.

Namun, mantan pelatih Barcelona itu tak langsung sukses di awal-awal kariernya melatih United. Juara 20 kali Premier League itu sempat terseok-seok di papan bawah, sebelum akhirnya sukses finis di empat besar. LVG sendiri menyesali kondisi timnya pada awal musim, jika United start dengan baik pada awal musim, mungkin cerita tentang siapa penguasa Premier League 2014-2015 bisa berbeda. Dengan catatan apik seperti itu Klopp menilai LVG telah menunjukkan kapasitasnya sebagai pelatih berkualitas.

Klopp juga berujar bahwa awal kesuksesan United terjadi saat LvG mengubah pakem formasi United dari 3-5-2 menjadi 4-4-2. Michael Carrick dijadikannya sebagai otak serangan, sementara Wayne Rooney yang sempat diplot sebagai gelandang mulai dipercaya mengisi pos ujung tombak. Hal ini terbukti efektif dalam mengdongkrak posisi United di klasemen.

Klopp ingin meneruskan tongkat estafet kepelatihan Van Gaal jika diberi kepercayaan, dan diyakini kualitas Klopp akan cocok untuk melatih United.

Clip to Evernote