Bek Southampton Segera Merapat ke Anfield

<> at St Mary's Stadium on May 16, 2015 in Southampton, England.

Bursa transfer musim panas ini nampaknya dimanfaatkan sebaik mungkin oleh Liverpool. Tim yang bermarkas di Anfield tersebut baru saja sukses mendapatkan gelandang kreatif Brasil Roberto Firmino. Saat ini Liverpool kembali bergerak aktif. Giliran bek kanan Southampton Nathaniel Clyne, yang dikabarkan segera mereka gaet.

Clyne, 24 tahun, tampil impresif sepanjang musim lalu. Performa apiknya tersebut sempat membuatnya juga dikabarkan diincar oleh klub Premier League lainnya, Manchester United, yang disebut-sebut membutuhkan bek kanan baru.

Clyne tampil 35 kali bersama Southampton pada musim 2014/2015. Total, dia bermain selama 3.147 menit. Dalam catatan yang dilansir oleh WhoScored, dia rata-rata membuat 0,6 operan kunci per pertandingan – 0,1 adalah operan pendek dan 0,5 adalah operan panjang.

Rata-rata, dia membuat 42,5 operan per laga dengan tingka akurasi sebesar 78,5%. Untuk umpan silang, dia rata-rata membuat 0,5 umpan silang sukses per laga.

Bagaimana dengan aspek defensif? Clyne rata-rata melakukan 3,3 tekel per laga. Sementara, menurut statistik Opta, dia melakukan 115 tekel sepanjang musim lalu, lebih banyak dari jumlah tekel bek kanan Manchester City, Pablo Zabaleta (106 tekel).

Oleh Guardian, Liverpool dan Southampton dikabarkan setuju dengan nilai 12,5 juta poundsterling. Clyne pun tinggal menjalani tes medis dan menandatangani kontrak.

Southampton awalnya meminta 15 juta pounds untuk pemain yang kontraknya tinggal tersisa satu tahun tersebut. Namun, mereka akhirnya setuju dengan harga 12,5 juta pounds –dengan bayaran sisanya diberikan berdasarkan penampilan Clyne bersama Liverpool. Harga ini nampaknya bukan masalah bagi Liverpool yang tengah bersiap membuka musim 2015-2016 dengan kompetitif.

Datangnya Clyne bakal menutup kebutuhan Liverpool akan seorang bek kanan. Musim lalu, Brendan Rodgers beberapa kali menggunakan Emre Can sebagai bek kanan. Hasilnya, Can –yang amat piawai bermain sebagai gelandang tengah– tidak bermain terlalu efektif dikarenakan posisi tersebut bukan posisi naturalnya. Apabila Clyne bermain di posisi bek kanan, maka Can dapat ditempatkan di posisi favoritnya, agar mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Jika resmi, Clyne akan jadi pemain keenam yang didatangkan Liverpool pada bursa transfer kali ini. Sebelumnya, Liverpool sudah mendapatkan James Milner, Danny Ings, Adam Bogdan, Joe Gomez, dan Firmino.

Clip to Evernote