Menilai Peluang Belanda Lolos ke Euro 2016

belanda

Belanda saat ini bertengger di posisi empat klasemen Grup A, dengan raihan 10 poin. Posisi ini termasuk rawan bagi eksistensi Belanda di Euro 2016 karena Depay dan kawan-kawan tertinggal dua poin dari Turki yang duduk di peringkat tiga, peringkat tiga adalah batas akhir untuk melangkah ke babak utama melalui babak playoff.

Dengan dua pertandingan tersisa, yakni melawan Kazakhstan dan Republik Ceko, peluang De Oranje melangkah ke babak selanjutnya dinilai cukup berat. Meski secara matematis, Belanda masih mungkin melaju ke babak playoff Euro 2016.

Dari dua lawan yang akan dihadapi, peluang besar untuk mendapat tiga poin diprediksi hanya bisa didapat dari pertandingan melawan Kazakhstan. Di pertemuan sebelumnya, pasukan Danny Blind menang dengan skor 3-1. Secara kualitas Belanda berada di atas angin.

Sedangkan di partai terakhir melawan Ceko, Belanda dinilai akan kesulitan meraih poin penuh, sehingga hasil seri diprediksi menjadi target yang paling mungkin terwujud. Prediksi ini berkaca dari penampilan De Oranje saat dikalahkan 1-2 oleh Ceko di pertemuan pertama, September 2014.

Selain bergantung pada hasil pertandingan sendiri, peluang lolos Belanda juga sangat ditentukan oleh nasib Turki di dua pertandingan mendatang. Turki masih harus menghadapi dua pertandingan berat, yakni melawan Ceko dan Islandia. Namun, Turki diyakini akan tampil dengan kekuatan maksimal pada dua pertandingan tersisa demi meraih satu tempat di babak playoff. Arda Turan dan kawan-kawan dipastikan tidak akan merelakan tempat yang sudah direbutnya, kembali menjadi milik Belanda.

Karena itu, Belanda tidak bisa banyak berharap Turki kalah pada dua pertandingan tersebut. Satu-satunya yang harus dilakukan De Oranje adalah mengeluarkan seluruh kemampuan terbaiknya demi menang pada dua laga hidup dan mati di Oktober 2015. Jika gagal melaju ke babak selanjutnya, itu artinya Belanda masih melanjutkan kutukan Prancis di turnamen Euro.

Sebagai tambahan informasi, Belanda tidak pernah ikut serta dalam gelaran Euro saat Prancis menjadi tuan rumah. Dua kali pergelaran Euro diadakan di Prancis yakni pada 1960 dan 1984, tak sekali pun De Oranje lolos ke babak utama.

Clip to Evernote